Hai :)

     Hai, namaku Rani, seorang pelajar SMA kelas terakhir. Di blog pertama ini, aku ingin sharing sedikit tentang thought aku terkait permasalahan yang sering mengganggu anak-anak seusiaku.
      DILEMA BINGUNG BIMBANG KHAWATIR GELISAH TAKUT 
aku mengerti pasti hal-hal di atas sedang kita rasakan sekarang. Di usia kita yang sudah beranjak dewasa, kita menyadari bahwa ada tanggung jawab yang lebih besar yang sedang menanti kita di depan sana. Kita terkadang takut untuk menghadapinya, karena mungkin kita belum siap atau karena kita sudah terlalu lama berdiam di dalam comfort zone kita.
     Nah, di sini, aku mau berbagi sedikit tentang pemikiran aku yang membuat aku yakin dan lebih percaya diri dalam menjalani hari-hari yang penuh dengan ketakutan dan kebimbangan.
      Mungkin disini ada yang berasal dari jurusan IPA, jurusan IPS, jurusan Bahasa, atau bahkan mungkin ada yang harus berhenti sekolah karena suatu alasan tertentu. Beberapa dari kalian mungkin ada yang merasa kalian salah jurusan atau kalian seharusnya tidak ada di tempat ini untuk mempelajari hal yang tidak sesuai dengan hati kalian. Aku mengerti betapa labilnya perasaan dan pikiran seorang remaja, same with me. Dulu, aku memilih jurusan IPA karena aku tidak terlalu suka menghafal, mengingat di IPS ada pelajaran Sosiologi, Geografi, dan Sejarah yang tentunya butuh daya ingat ekstra dalam memahami teori-teorinya. Namun, semakin kesini, aku merasa aku juga tidak terlalu nyaman dengan soal-soal perhitungan, tapi untungnya aku bisa beradaptasi dengan baik. 
       Buat kalian yang mungkin merasa kalian tidak sesuai dengan jurusan kalian, bukan berarti kalian bodoh ataupun tidak punya harapan untuk menjadi seperti teman kalian yang lain. Kalian hanya perlu mencari kelebihan kalian. Buat kalian yang masuk jurusan IPA di SMA, disini aku tidak meminta kalian untuk bisa mahir dalam menganalisis soal perhitungan begitu juga dengan jurusan-jurusan lainnya. Kalian tidak perlu memaksakan diri untuk memahami sesuatu yang sebenarnya kalian lemah di situ. Karena salah memilih jurusan itu wajar dan bukanlah sesuatu hal yang disengajakan.
       Buat kalian yang ngerasa nilai akademisnya low, coba kalian cari apa yang menonjol di diri kalian. Aku tau ga semua orang dapat menyeimbangkan nilai akademis dan non-akademisnya. Dan mungkin saja kalian adalah salah satu dari itu. Mungkin ada dari kalian yang enggak sanggup kalau disuruh menghitung jarak suatu kota A ke kota B dengan waktu dan kecepatan tertentu, tapi kalian bisa menghitung berapa besar kekuatan yang diperlukan untuk memasukkan bola ke gawang dalam jarak tertentu. Mungkin juga ada dari kalian yang tidak sanggup berkreasi ketika di laboratorium IPA, tapi ternyata kalian bisa menghasilkan masterpiece yang menakjubkan di atas sebuah kertas. Begitu juga dengan kalian yang mungkin tidak bisa memahami kompleksnya ilmu ekonomi, tapi ternyata kalian bisa memasarkan produk jualan kalian dengan baik dan mendapatkan profit yang lumayan.
         Itu tadi yang aku mau kalian cari apa yang ada di dalam diri kalian. Karena gak semua dari kita dapat memahami materi pelajaran di sekolah, tapi ternyata kita bisa buat diri sendiri bangga dengan apa yang kita miliki. Cari kelebihanmu sekarang juga dan kejar mimpi-mimpimu. Tapi ingat! meskipun kamu lemah di nilai akademis, bukan berarti kamu meremehkan dan mengabaikan pelajaran di sekolah. Karena bagaimanapun, itu tetap menjadi tanggung jawab kamu sebagai pelajar. Yah, minimal kamu menghargai gurumu di kelas, tidak menganggu kekondusifan suasana belajar, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, itu sudah bisa dikatakan kamu memenuhi tanggung jawabmu sebagai pelajar.
        Oh, ya! satu lagi, dalam mengejar mimpi-mimpimu, kamu juga jangan lupa untuk memperbaiki dirimu sendiri menjadi lebih baik lagi setiap harinya. Tidak ada salahnya kan belajar dari pengalaman, kesalahan, dan kegagalan. Jangan lupa juga iringin usaha-usahamu dengan doa dan istirahat yang cukup :)
         KAMU PASTI BISA, KITA SEMUA PASTI BISA!

"Kita gak pernah tau bakal jadi apa kita kedepannya, tapi tidak ada salahnya juga kalau kita mempersiapkan diri dari sekarang..."
[XOXO]
RAN~💗

Posting Komentar

0 Komentar