LIKA-LIKU CERITA KENAPA AKU NULIS BLOG

Sebenarnya judul hari ini merupakan salah satu judul challenge 30 hari dari Blogger Perempuan tapi karena belakangan ini aku sibuk nugas dan UTS jadinya ga bisa ikutan challengenya karena mepet banget waktunya😥

Meskipun memutuskan engga ikut challengenya, aku akhirnya memilih untuk mengambil beberapa judul sebagai ide untuk nulis blog dan salah satunya ini. 


Mungkin hari ini, ketika aku nulis ini akan banyak yang merasa 'siapa yang nanyak?'. Tapi, sebagai rani yang textrovert (aku dapat istilah ini dari carousel instagram kampusku🤭) dan senang bercerita, aku gamau stop bercerita cuman karena ga ada yang baca atau yang dengerin.

Okey, sekian dulu pembukanya, kita masuk ke isi pembahasan. 

2019

Awal mula aku buat blog itu tahun 2019 dan sebenarnya waktu itu juga bingung kenapa aku memutuskan hal ini. Yang aku ingat itu masih kelas 12 dan menuju detik-detik tamat SMA. Kalau kalian baca blog pertamaku disini, rada ga penting emang😂 Tapi aku menyimpulkan kalau dulu aku nulis blog karena ingin sharing thoughts.

Eh, aku inget sesuatu!!! Kalian kenal kak Gita Savitri? Youtuber Indonesia yang sekarang tinggal di Jerman. Nah, aku sering banget nontonin opini dia and I really love her thoughts. Trus dia pernah cerita tuh, sebelum lahirnya sesi beropini di channelnya, dia tuh cuman sering nulis blog. Nah! dari situlah aku mulai memutuskan untuk nulis blog juga karena aku merasa seperti punya beban di kepala dan butuh wadah sebagai tempat curahan.

Sebelum nulis blog, dulu aku sempat nulis cerita di word, nulis masalah hidup di diary (manual/digital) dan aku merasa aku punya passion di bidang menulis. Meskipun aku ga hobi membaca, tapi aku kadang suka membuat alur cerita yang dramatis😂

Okey, lanjut.

2019 itu juga merupakan tahun dimana aku memutuskan berada di komunitas "Studygram". Karena kebanyakan dari studygram squad itu buat konten di instagram dan youtube, akhirnya blog-ku terbengkalai dan aku lebih fokus ke youtube.

2020

Aku ketemu kakak online-ku, kak Nimas❤ pertemuan kami ga sengaja lewat reply-reply-an komentar dan berakhir follow-follow-an di instagram. Aku sempat ngobrol sama kak Nimas perihal blog dan ternyata kak Nimas juga punya blog tapi ga terlalu diurus. Jadinya kita merasa senasib wkwk. Tapi, seabis ngobrolin blog dengan kak Nimas, aku mulai merasa rindu dengan halaman blog-ku, jadilah aku kesana dan mengotak-atik sesuatu yaitu "tema". Awalnya aku emang ga ngerti tema itu apa, tapi semakin kesini udah semakin lebih mengerti dan masih pengen eksplor lebih dalam lagi supaya tampilan blog-ku interaktif dan menarik !

Long short story udah mulai nulis lagi nih meskipun kebanyakan 'sharing', karena emang aku gatau aja sih mau nulis apa lagi. Tapi, sebagai konsumen tulisan blog juga, aku sadar kalau konten sharing kayak gini ga bakal cukup menarik audience. Jadi, lagi-lagi aku mengabaikan blog-ku.

Akhir 2020 - Awal 2021

Saat-saat dimana aku mulai mengenal dunia beauty and skincare dan pelan-pelan bergabung dengan komunitas ini. Meskipun belum punya banyak teman di komunitas ini, tapi aku mulai merasa nyaman. Mengenai blog, waktu awal banget dimana aku mulai follow beberapa beauty reviewer di instagram, aku pikir mereka cuman membuat konten di instagram aja namun ternyata sebagian dari mereka adalah skincare and beauty blogger, salah satunya kak Kinan. Waktu itu aku ga sengaja ketemu blog kak Kinan yang udah jauh lebih profesional looknya dan tulisannya juga udah banyak. Satu hal yang menyita perhatianku adalah gambar header kak Kinan yang berupa ilustrasi. Dari situ, aku mendapatkan ide juga untuk membuat maskot diriku sendiri dalam bentuk ilustrasi. Akhirnya aku coba-coba gambar sendiri di ibbispaintx dan menambahkan nama panggungku *eak RANIMUTIARAA. Tapi baru aku buat aja sih, soalnya rada bingung cara masang header di tema waktu itu.

Beberapa minggu yang lalu, pas aku iseng-iseng bacain beberapa topic di female daily, aku sering menemukan beberapa sharing dari Kak Bintang mengenai perjalanan blog-nya. Aku pun tertarik dan mencoba follow instagram kak Bintang. Aku terinspirasi banget sama pencapaian kak Bintang dalam dunia blogging dan inilah yang menjadi alasan kenapa aku melanjutkan blog-ku lagi. Bukan cuman sekadar melanjutkan, aku juga mulai benar-benar memperhatikan tampilan blog-ku🥰

Dulu aku ga begitu tau tulisan apa yang harus ku tampilkan di halaman blog-ku, namun sekarang aku udah menemukan passion baruku. Aku bakal coba perbanyak tulisan tentang SKIN TALK dan SKINCARE REVIEW. Meskipun tetap ga bisa konsisten blogging-nya yang penting aku tetap menikmati prosesnya dan semoga tetap bisa membantu kalian dalam perjalanan mengenal skincare.

Tambahan :
Ketika blog ini ditulis, sebelumnya aku udah sempat beberapa kali ganti tema hingga akhirnya mendapatkan yang sesuai dan tampilannya rapi. Semoga yang baca semakin betah ya ❤

Find me on Instagram for Direct Sharing!

Posting Komentar

0 Komentar